Topik

Warga Kejuruan Muda yang Meninggal di Medan, Dimakamkan Sesuai Prokes

Warga Kejuruan Muda yang Meninggal di Medan, Dimakamkan Sesuai Prokes
Gambar Ilustrasi. Foto : Ist

ACEH TAMIANG - Wanita berinisial DSL (52), warga Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang yang meninggal saat dirawat di sebuah rumah sakit di Medan dimakamkan secara protokol kesehatan, Selasa (6/7/2021).

Sebelum di bawa ke rumah sakit di Medan, almarhum sempat dirawat di RSUD Aceh Tamiang, sebelum akhirnya dirujuk ke Medan.

Ketua Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Aceh Tamiang, Agusliayana Devita menjelaskan almarhumah dimakamkan di TPU Kampung Bukit Rata oleh petugas yang memakai alat perlindungan diri (APD). “Pemakaman dilakukan secara protokol kesehatan (Prokes), karena almarhum dinyatakan positif Covid-19,” kata Devi, yang juga menjabat sebagai Kabag Humas Setdakab Aceh Tamiang.

Devi menjelaskan, almarhumah sebelumnya dirawat di RSUD Aceh Tamiang dengan gejala sesak dan sakit lainnya pada 27 Juni 2021. Pemeriksaan swab antigen ketika itu, menunjukan hasil negatif.

Namun setelah enam hari dirawat tidak menunjukan perkembangan yang baik, DSL kemudian dirujuk ke Medan sekaligus dilakukan PCR dengan hasil positif Covid-19. “Tiga hari di Medan, tepatnya tanggal 5 Juli pasien meninggal. Atas saran dokter, pemakaman harus dilakukan sesuai protokol kesehatan,” ucapnya.

Devi mengungkapkan, secara keseluruhan angka kematian akibat Covid-19 di Aceh Tamiang sudah menembus 68 jiwa. Dia pun mengingatkan kembali masyarakat, agar tetap memerhatikan protokol kesehatan di era new normal.

Salah satunya dengan terus menyuarakan gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) dan 3W (Wajib Iman, Wajib Imun, dan Wajib Aman).

“Diharapkan kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam memutuskan rantai penyebaran Covid-19, agar kehidupan masyarakat Aceh Tamiang dapat kembali normal,” ujar mantan Camat Rantau ini. []

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...