Topik

Warga Tamiang Masuk Islam di Aceh Barat

·
Warga Tamiang Masuk Islam di Aceh Barat
Foto : AJNN

ACEH BARAT - Salah seorang warga asal Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, Zepri Amanda Sianipar (20), yang saat ini menetap di Desa Tegal Sari resmi masuk islam, Senin (20/1).

Prosesi pensyahadatan masuk Islam berlansgung di Masjid Desa Tegal Sari, dipimpin langsung oleh pimpinan Pondok Pasantren Nurul Hamdi, Teungku Muhammadin. Setelah masuk Islam, Zepri disematkan nama baru menjadi Muhammad Zapri Sianipar.

Prosesi memeluk Islam Zapri ini disaksikan oleh Camat Pante Ceureumen Teuku Juanda bersama unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan setempat.

Penanggung Jawab sementara Kepala Desa Tegal Sari, Munazar, mengatakan Zapri sendiri berada di Desa Tegal Sari baru 1,5 bulan. Selama menetap di desa tersebut, ia tinggal di rumah Kepala Dusun Banowati, Sofyan. "Zapri masuk Islam awalnya disampaikan kepada Kadus Banowati pak Sofyan. Lalu kadus menyampaikan niat Zapri kepada Tuha Peut, Kamaruzzaman. Lalu kami koordinasikan dengan pak Camat dan baru 20 Januari ini terlaksana," kata Munazar.

Sementara itu, Camat Pante Ceureumen, Teuku Juanda, memastikan kepada Zepri kalau memilih berpindah agama Islam bukan karena unsur paksaan.

"Zepri masuk Islam tidak ada unsur paksaaan dan ini merupakan suatu rahmat dari Allah SWT kepada yang bersangkutan, kami meminta kepada pemerintahan gampong dan Pimpinan Pondok Pesantren agar membimbing yang bersangkutan dalam pelaksanaan Ibadah sesuai dengan tuntunan Alqur-an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW serta juga kiranya dapat memberikan hak-haknya sebagaimana ummat islam lainnya," kata Camat. (**)

Sumber : AJNN

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...